Kamis, 09 Desember 2010

Sejarah hari valentine

sebenernya artikel ini udah lama banget gue tulis . and sorry nih reader, posting nya ga pas moment hari Valentine juga. sebenernya artikel ini udah ada di blog gue yang satu nya. cuma domain nya angus, jadi blog nya ikut angus, so ... mencoba untuk beralih ke blogger setelah sebelumnya menggunakan WP ... :)
Looohh ... kok malah curhat ... ? hahaha ... back to topic .

pasti kalian udah hafal benar kan sama bulan yang satu ini, FEBRUARI.... yuuup....bulan yang satu ini, di juluki sebagai bulan yang penuh cinta oleh sebagian orang. Pasti kalian tau kenapa kan ? yiph yiph .. cause di dalamnya tersimpan hari yang dirayakan dunia setiap tanggal 14 nya, yaitu hari valentine.
Apakah kalian termaksud orang-orang yang suka merayakan si tanggal 14 ferbuary ini? Kalo gue terus terang aja, nggak terlalu menganggap tanggal 14 februari itu sebagai hari yang special banget sihh.


Nah nah nah … kalo kalian termaksud suka merayakan hari yang dapat menyihir dunia menjadi mera muda ini, apakah kalian tahu sejarah dari tanggal 14 february ini? Hayoh hayohhh.. Ok, posting gue kali ini emang mu bahas hari valentine.
Setelah bertanya-tanya ke beberapa sumber dan kemarin kebetulan aku jug abaca di web nya UNDIKNAS, ternyata hari kasih sayang ini bermula dari Kerajaan Romawi. Menurut adat istiadat Romawi sendiri pada saat itu, tanggal 14 Ferbuary adalah hari untuk menghormati Ratu para dewa Romawi yang bernama Juno.
Sedangkan pada tanggal 15 february nya akan dirayakan perayaan Feast of Lupercalia. Pada malam menjelang perayaan tersebut, para gadis diharuskan untuk menulis nama mereka masing-masing yang nantinya akan di masukkan ke dalam sebuah gelas kaca, yang nantinya akan di ambil oleh pada peria untuk teman nge-date mereka saat perayaan berlangsung.
Nggak heran juga, tak jarang dari mereka yang akhirnya jadian, lalu menjalin sebuah hubungan yang lebih serius lagi sampai ke jenjang pernikahan. :)
Pada saat itu Romawi yang dipimpin oleh Kaisar Claudius II sedang menghadapi peperangan. Kaisar Claudius pada saat itu sedang kesulitan untuk mencari pemuda untuk memperkuat pertahanan Romawi pada saat itu. Dan ia meyakini, bahwa cowo-cowo Romawi nggak tertarik untuk menjadi tentaranya di karnakan berat untuk meninggalkan keluarga mereka. Nahhhh … karna hal tersebut, ia melarang semua Rakyat Romawi untuk menikah pada saat itu (woooogghh, jahat banget sihhh). Nahhhh … disinilah St. Valentine beraksi. Saint Valentine, pendeta yang pada saat itu lagi tenar-tenarnya ini menolak dengan keras perintah dari Kaisar Claudius II.
Akhirnya St. Valentine bersama dengan Saint Marius secara sembunyi-sembunyi menikahkan para pasangan yang sedang di mabuk asmara itu (hehe..asik tuh bahasanya.) Namun sayangnya, tindakan tersebut diketahui oleh sang kaisar, dan sebagai hukumanya, sang kaisar memerintahkan pengawalnya untuk menghukum St. Valentine dengan cara di penggal. (haduhh … kasian banget ). Nahh… hari dimana dipenggalnya St. Valentine adalah tanggal 14 february, yaitu hari yang pada saat ini sering dirayakan oleh dunia sebagai hari kasih sayang itu.
Jadi kesimpulanya adalah, hari yang dapat menyihir dunia dengan cinta itu diperingati sebagai hari penghormatan untuk St. Valentine karna telah memperjuangkan cinta para muda-mudi Romawi pada saat itu.
Sebenernya menurut kalian, penting nggak sih hari Valentine itu? Jangan lupa kasih komenternya yhhh! Thanks reader. :D