Kamis, 09 Desember 2010

Apa sih fungsi UAN buat SMA ?

naaahhh ... artikel ini juga udah lama gue tulis yaaa ... kira-kira setahun yang lalu laaahhh. ini cerita nya lagi pindah masal gara-gara domain angus ... wkwkwk .... :p
OK .. kita mulai topik nya yah reader ... cekidot ... :p


Kalo bisa dibilang, Indonesia tuh termaksud kejam juga yah. Bagaimana nggak, standar nilai ujian akhir nasional atau yang sering kita singkat UAN semakin meningkat, sedangkan, mungkin pemerintah nggak tau pasti batas kemampuan siswa siswi Indonesia.
                Terus terang aja, gue sebagai pelajar SMA terkadang juga masih bertanya-tanya tentang apa sih fungsi UAN untuk SMA?
                Jika ditelusuri, mungkin UAN masih berguna untuk SD dan SMP sebagai acuan nilai untuk masuk ke sekolah yang lebih tinggi. Tapi apa fungsi UAN untuk pelajar SMA ? sedangkan jika mereka ingin memasuki sebuah Universitas negeri, mereka harus mengikuti test terlebih dahulu.


                Kita telah melihat fakta yang… gue bilang ironis banget yang menimpa seorang pelajar SMA(sorry gue lupa namanya) yang telah di terima di sebuah Universitas ternama di luar negeri, namun TIDAK LULUS dalam test Ujian Akhir Nasional. Ini jelas sangat menghambat siswi tersebut. Terusterang, mungkin jika gue jadi dia gue nggak tau lagi harus gimana. Ya, memang masih bias dikejar dengan ujian susulan yang disebut PAKET C. namun, apakah universitas tersebut masih menerima siswi tersebut?
                Gue rasa jika banyak sekolah yang melakukan kecurangan itu wajar. gimana nggak coba, standar nilai yang di tetapkan pemerintah gue rasa nggak sesuai banget dengan kemampuan siswa Indonesia sekarang.
Faktanya, Negara kita, Indonesia masih belum terlepas dari penjajah nomer satu, yaitu sifat malas. Kenapa gue bisa bilang gitu? Jujura aja, kadang-kadang gue juga suka susah ngelawan penjahat bangsa nomerrrr wahit itu (hhhuuuuuhhhh ketauan dehh).
Intinya, menurut gue UAN tuh nggak penting buat SMA. Apa hanya untuk sekedar mengukur kemampuan siswa? Kalo gitu, buat apa ada UAS? Jadi, gue sebagai pelajar SMA yang tahun depan ingin menghadapi UJIAN yang paling ditakuti itu mendinganUAN DI HAPUSKAN aja dehhh! (Kenapa? Apa lo nggak berani?) Wetttsss… tunggu dulu, jangan berfikiran yang negativ dulu! Gue bukanya takut atau bisa dibilang nggak berani untuk menghadapinya. Namun, gue nggak mau aja kejadia seperti tahun kemarin keulang lagi.
Kalo menurut gue, lo bisa LULUS UAN selain karna faktor pinter, lo juga punya factor untung-untunga. (wew, kejam sangat bahasa gue). Ya iya lahhh, coba kaya siswi SMA tadi, gue tau dia pinter, but kenapa dia nggak lulus UAN? Mungkin karna dia lagi nggak beruntung aja. Bisa aja kan, saat dipriksa jawabannya nggak kebaca di mesin koreksi? Yupppp, mungkin banget.
So, menurut lo, lo setuju nggak kalo UAN tahun depan dihapuskan dari muka bumu ini??? Kasih koment yahhh! Thanks reader.